Jumat, 19 April 2013

PENGERTIAN KETAHANAN INDONESIA


Setiap bangsa pasti mempunyai cita-cita untuk memajukan negaranya dan memperoleh kesejahteraan hidup bagi masyarakatnya. Cita-cita itu lah yang  menjadi arahan dan tujuan untuk menentukan arah dan pedoman dari tujuan nasionalnya. Untuk memperoleh tujuan tersebut setiap bangsa pasti mempunyai hambatan yang membuat bangsa tersebut harus mencari solusi terbaik, efektif, efisien, dan terarah. Hambatan tersebut biasanya muncul secara bertahap tetapi tersistem dan terstruktur dengan rapi dalam sitem operasional dalam waktu yang lama.
Selain mempunyai hambatan dalam mencapai tujuan tersebut, setiap bangsa pasti juga mempunyai dukungan atau motivasi yang bisa berasal dari luar negeri maupun dari dalam negeri itu sendiri.  Motivasi ini bisa menjadi stimulan yang menggerakkan kesadaran pada bangsa untuk membangun ketahanan nasional yang komprehensif dan holistik. Motivasi tersebut juga bisa menjadi penguat pembangunan suatu bangsa untuk mencapai tujuannya. Kemampuan, ketahanan atau ketangguhan, kekuatan, dan keuletan serta kesatuan dari masyarakatnya, dapat melewati setiap halangan, hambatan, dan rintangan. Itulah yang disebut dengan katahanan nasional.
Untuk itu ketahanan nasional wajib untuk selalu dikedepankan dan diutamakan untuk tetap menjaga tercapainya tujuan dan cita-cita setiap bangsa dan menjaga identitas diri atau jati diri bangsa dari globalisasi yang bebas dan meluas. Makin kuat posisi ketahan nasional suatu bangsa maka makin kuat juga posisi negara tersebut dimata dunia.
Sejak proklamasi pada tanggal 17 agustus 1945, bangsa dan negara Indonesia tidak pernah lepas dari persoalan ketahanan nasional karena selama perjalanannya NKRI telah mengalami pasang surut  dalam menjaga kedaulatan dan kemerdekaan negara.
Apabila dilihat dari geopolitik dan geostrategi negara yang kemudian dilihat dari potensi-potensi yang dimilikinya cukup besar, maka bangsa Indonesia menjadi sangat rawan oleh keinginan negara-negara lain untuk mengambil alih segala potensi-potensi negara kita yang kaya dan strategis. Ditambah dengan tidak stabilnya keadaan didalam negri terutama diawal-awalnya negara kita memproklamasikan kemerdekaannya. Dengan tidak stabilnya keadaan didalam negeri maka pasti sangat berpengaruh dalam ketahanan nasional bangsa Indonesia sendiri, karena untuk menjaga ketahanan nasional sangat diperlukannya kekompakkan dan kesatuan tujuan masyarakat didalamnya untuk menjaga identitas diri dan mencapainya tujuan dan cita-cita negara dan bangsa kita.
Indonesia adalah negara yang bersandar pada kekuatan hukun sehingga semua keadaan yang terjadi didalamnya diatur oleh hukum yang berlaku. Dengan kata  lain, hukum menjadi pedoman sosial yang dibuat untuk kepentingan seluruh rakyat dan menjaga ketertiban rakyatnya dimanapun dia berada.
Kondisi kehidupan nasional menjadi salah satu kekuatan ketahanan nasional karena adanya jaminan terhadap kekuasaan hukum untuk semua rakyatnya dan menjadi cermianan bagaimana rakyat Indonesia mampu tumbuh berkembang didalamnya dan menempatkan hukum sebagai asas berbangsa dan bernegara dengan bersandar pada kepentingan dan aspirasi rakyatnya.
Katahanan nasional mempunyai rumusan dengan pengertian bakunya yang dipakai sebagai titik dasar penerapan kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. Pengertian baku dari ketahanan nasional bangsa Indonesia adalah kondisi dinamik bangsa Indonesia dimana pengertian dinamik ini adalah kondisi turun naiknya atau pasang surutnya kondisi bangsa yang meliputi semua aspek kehidupan nasional yang terintegrasi, berisi keuletan, kekuatan, ketangguhan, kesatuan, dan kemampuan mengembangkan dan mempertahankan kekuatan nasional dalam menghadapi hambatan dan rintangan didepannya baik dari luar maupun dalam negeri untuk menjaga identitas diri atau jati diri bangsa, intergritas, kelangsungan hidup bangsa dan negara dengan modal keuletan dan kerja keras yang mampu mengembangkan ketahanan nasional.
Proses ini selalu didasari dengan pemikiran geopilitik dan geostrategi sebagai konsep dan arahan yang dirancang dengan memperhatikan konstelasi yang ada di wilayah Indonesia. Konsep ketahanan indonesia adalah konsep atau rancangan untuk mengembangkan kekuatan nasional melalui keseimbangan dan keselarasan antara keamanan dan kesejahteraan bagi rakyatnya yang berlandaskan pada hukum, pancasila, UUD 1945, dan wawasan nusantara.
Kesejahteraan digambarkan sebagai kemampuan dalam menjaga nilai-nilai nasional dan menumbuhkembangkannya demi kemamakmuran setiap rakyatnya yang adil dan merata secara rohaniah dan jasmaniah. Keamanan digambarkan sebagai kemampuan bangsa dan negara menjaga dan melindungi nilai-nilai nasionalnya dan rakyatnya dari hal-hal negatif yang dapat mengganggu jalannya ketertiban didalam bangsa Indonesia.
Hakikat ketahanan nasioanal adalah kemampuan dan keuletan bangsa untuk mengembangkan kekuatan nasional untuk menjamin jalannya kelangsungan hidup dan tujuan bangsa negara Indonesia.
Hakikat konsep ketahanan nasional indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan bagi seluruh rakyatnya dan menjaga tercapainya tujuan bangsa serta terjaminnya nilai-nilai nasional bangsa Indonesia secara seimbang dan selaras.


REFRENSI:
Muchji, H Acmad, dkk. Pendidikan Kewarganegaraan. 2007. Jakarta : Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar