Jumat, 01 Januari 2016

ROBERT T. KIYOSAKI

GUNADARMA University www.gunadarma.ac.id

Dia mengajar orang untuk menjadi jutawan, itu sebabnya mereka menyebutnya guru sekolah jutawan.
“Alasan utama orang bersusah payah secara finansial adalah karena mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun di sekolah tapi tidak belajar apa pun mengenai uang. Hasilnya adalah, orang belajar bekerja untuk (mendapatkan) uang.. tetapi tidak pernah belajar agar uang bekerja untuk mereka,” kata Robert.
Robert, lahir dan dibesarkan di Hawaii, adalah generasi keempat keturunan Amerika-Jepang. Dia berasal dari keluarga pendidik yang terkemuka. Ayahnya adalah kepala pendidikan untuk negara bagiab Hawaii. Setelah SMU, Robert dididik di New York dan setelah lulus, dia bergabung dengan U.S. Marine Corps dan pergi ke Vietnam sebagai seorang perwira dan pilot helikopter yang dipersenjatai.
Kembali dari perang, karier bsnis Robert pun dimulai. Pada 1977, dia mendirikan sebuah perusahaan yang menjual ke pasar dompet yang terbuat dari nilon dan berlapis Velcro, yang berkmbang mejadi produk bernilai jutaan dolar yang mendunia. Dia dan produknya diulas secara mencolok dalam Runner’s World, Gantleman’s Quarterly, Success Magazine, Newsweek, dan bahkan Playboy.
Meninggalkan dunia bisnis, pada 1985 dia menjadi rekan-pendiri sebuah perusahaan pendidikan internsional yang beroperasi di tujuh negara, mengajar bisnis dan investasi kepada puluhan ribu lulusan. Program televisinya selama setahun bergema ke seluruh Amerika lewat Nostalgia Network, menyebarkan pesan pendidikannya.
Pensiun pada umur 47 tahun, Robert melakukan apa yang sangat dia sukai... investasi. Prihatin dengan jurang yang kian lebar antara “yang kaya” dan “yang miskin”, Robert meciptakan papan permainan CASHFLOW, yang mengajarkan permainan uang, yang sebelumnya hanya dikenal oleh orang kaya.

Meskipun bisnis Robert adalah real estate dan mengembangkan perusahaan topi yang kecil, cinta, dan gairahnya yang sejati adalah mengajar. Sebagai pembicara, dia bisa disejajarkan dengan Og Mandino, Zig Ziglar, dan Anthony Robbins. Pesan Robert Kiyosaki jelas, “Bertanggungjawablah atas keuangan anda atau terimalah perintah (orang lain) sepanjang hidup anda. Anda bisa menjadi tuan uang atau budak uang.” Robert memegang kelas yang berjalan dari 1 jam sampai 3 hari untuk mengajar orang-orang mengenai rahasia orang kaya. Meskipun topiknya terdiri atas investasi untuk mendapatkan laba yang tinggi dan beresiko kecil; mengajar anak-anak anda untuk menjadi kaya; memulai perusahaan dan mennualnya; dia mempunyai satu pesan solid yang menggetarkan dunia. Dan pesan itu adalah, Membangun Kejeniusan Finansial yang terbaring (tertidur) dalam diri anda. Kejeniusan anda menanti untuk keluar. Kebanyakan peserta menjadi sangat senang dan bergairah, sebagian marah, tetapi semua orang sangat tersentuh.

Sumber:
Kiyosaki, Robert T. 1998. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar